Skip to main content

Bahaya Roti dan Kenapa Tidak Mengembang

Kemungkinan roti yang gak bisa mengembang itu karena raginya mati.  Jadi jangan pernah kamu mencampur ragi bersama garam. Ragi pasti akan mati. Ragi itu cocoknya dengan gula, tapi nggak sama garam.

Sehingga lain kali kalau kamu bikin roti lebih baik:

-  Campurkan terigu, ragi dan gula. Aduklah rata.
- Tambahkan cairan (bisa berupa air, santan, atau susu ) sedikit-sedikit yak sambil diuleni hingga kalis (nggak terasa lengket di tangan)
- Nah, setelah kalis, baru kamu tambahkan lemak (bisa margarin maupun mentega) dan juga garam. Uleni hingga lentur atau elastis. Istirahatkanlah adonan.
- Bagi-bagi adonan menjadi bentuk bulatan kecil. Istirahatkanlah lagi sebelum dipanggang atau digoreng.

bahaya roti tawar bagi kesehatan gandum putih untuk ibu hamil berjamur kadaluarsa setiap hari


Bahaya roti untuk kesehatan tubuh

Sarapan roti di pagi hari itu ,...BAHAYA. Penting buat kamu dan Anak kamu “Bahaya Roti sekarang ini”. Mengonsumsi terlalu banyak roti itu tidak baik sebab mengandung dua macam zat kimia berbahaya: Yaitu Calcium Propionate dan Potassium Bromate.

Nah, Calcium Propionate itu penyebab ADD  atau Attention Deficit Disorder. Penyakit ini membikin seseorang selalu hiperaktif & nggak bisa fokus berkonsentrasi. , sedangkan Potassium Bromate bisa menimbulkan sel kanker atau carcinogenic. Nggak seperti tahun 1950-an, membuat roti itu perlu waktu seharian, sekarang ini hanya cukup 2 jam dengan diberikan bread improver contohnya Potassium Bromate.  

Calcium Propionate digunakan pada roti itu supaya roti jadi kelihatan-nya putih layaknya kapas & agar roti awet tahan lama tidak ditumbuhi jamur. Dan yang gawat-nya di Indonesia ini, menurut percakapan yang saya peroleh dari orang pakar di bidang makanan roti di Indonesia, para produsen roti udah banyak yang menaruh calcium propionate dan kadarnya itu super tinggi ( semau dia), agar roti-nya bisa lebih awet, nampak putih dan nggak mudah berjamur (bulukan), serta dengan alasan bandrol harga, ada pula sebagian dari pembuat roti yang menggunakan calcium propionate yang bukan buat makanan (food-grade).

Dari segi pandang gizi, roti dari gandum utuh atau whole wheat bread itu sebenarnya punya  nilai gizi lebih baik ketimbang white bread. Beberapa keunggulan roti  dari tepung gandum utuh adalah diantaranya mengandung serat pangan, lalu antioksidan, fitoestrogen (bagus buat mencegah penyakit jantung & berbagai kanker), vitamin serta mineral lebih banyak ketimbang roti putih. Dan juga, roti gandum memiliki cita rasa sangat khas.

Disamping serat, roti dapat difortifikasi dengan beragam macam zat gizi. Jenis zat gizi yang umum ditambahkan kedalam roti ialah vitamin, contohnya thiamin (vitamin B1), vitamin B2 atau riboflavin dan juga niasin, serta berbagai mineral yang berupa zat besi, yodium, kalsium, & lain-lain. Dan, belakangan ini, buat meningkatkan kualitas protein untuk tubuh, roti diperkaya juga dengan asam lemak tak jenuh ganda atau PUFA,  terlebih kelompok omega-3 contohnya EPA (asam eikosapentaenoat) serta DHA (asam dokosaheksaenoat). Nah, roti isi ikan tuna adalah merupakan salah satu jenis roti yang diperkaya dengan omega-3.

Penelitian udah membuktikan pentingnya penambahan PUFA ini ke dalam formula makanan untuk mendukung tumbuh kembang bayi dan anak balita. PUFA bisa meningkatkan kemampuan anak buat fokus, memecahkan masalah, & penglihatan (visual). Yang menjadi nilai lebih roti, apalagi jika difortifikasi dengan berbagai zat gizi, pasti roti adalah merupakan sajian alternatif yang sangat baik untuk menu keluarga. Sehingga, kelebihan menyajikan roti karena memang mudah didapat & nilai gizinya tinggi..

Baca : Cara Membuat Tepung Beras

Sudah banyak riset yang mengemukakan apa saja manfaat “Roti” walau ada pula yang juga memberitahukan apa saja bahayanya. “Roti” sekarang masih dikategorikan makanan aman asal kita nggak terlalu sering mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan sebab segala sesuatu berlebihan itu pastilah nggak akan baik buat kesehatan tubuh.
 

Related Posts

                                                   

Comments

Popular Posts

Perbedaan Fungsi Emplex Baking Powder dan Soda Kue

Emplex emulsifier atau sodium stearoyl lactylate adalah bahan yang membuat renyah kue kering. Untuk harganya gak mahal. Bahan kimia ini merupakan campuran Lactic Acid & Stearic Acid. Emplex itu elemen partikelnya terdiri dari plastik. Bisa untuk pengawet makanan atau kue yaitu dengan menahan kelembaban udara & melawan pertumbuhan jamur. Digunakan di negara Asia, terutama China sebagai pengawet makanan. Ini merupakan penemuan agak baru untuk pengawet makanan. hebat ya? Di negara barat khususnya United States, emplex hanya digunakan di industri Pharmaceutical " bag sealer " untuk keperluan packing, agar produksi obat-obatan dapat dikirim secara aman dan juga terhindar dari bahaya kelembaban cuaca & terjaga kekeringannya. Bukan buat bahan pengawet makanan. Sehingga kue kering maupun basah dapat bertahan bertahun-tahun dikarenakan ada zat kimia “ plastik” ini . Nah kan jadi makan plastik kita. Alternatif lain sebagai pengganti emplex ya bisa menggunaka

Resep Kue Semprong Renyah

Kue semprong merupakan salah satu kue yang super enak dan super renyah, dengan citra rasa yang memiliki sebuah karakteristik yang sangat khas dan sangat unik. Kue semprong ini atau yang lebih dikenal dengan sebutan kue gambir, atau bahkan disebut juga sebagai kue sapit ini memiliki bentuk seperti kue gulung atau ada juga yang dilipat menjadi empat bagian, bahkan kue ini juga ada yang di bentuk seperti kipas. Namun terlepas dari bentuknya yang memiliki cukup banyak variannya, kue semprong ini juga masih tergolong sebagai kue kering yang kerap kali hadir dalam sajian di hari lebaran. Sebab kue semprong ini juga sangat enak jika disajikan sebagai camilan yang dikarenakan rasanya yang manis dan gurih. Bagaimana, apakah Anda tertarik dengan kue semprong tersebut? Berikut adalah resep kue semprong super enak dan renyah yang bisa Anda tiru. Dalam membuat sebuah kue semprong yang mantap rasanya, Anda harus mempersiapkan beberapa bahan penggunanya seperti : ✓ 125 gram dari tepun

Apa Penyebab Nastar Keras Retak dan Berjamur

Saat-saat krusial dalam pembuatan kue kering yaitu sewaktu mengaduk adonan. Karena saking semangatnya memasak, kita sampai suka mengaduk adonannya terlalu lama. Nah, inilah faktor yang sering membuat kue nastar jadi keras, sebab tanpa kamu sadari, suhu tangan bisa melelehkan mentega yang ada di dalam adonan. Maka dari itu sebaiknya aduklah adonan nastar secukupnya saja sampe kalis. Mulai sekarang minimalisir sentuhan tangan dengan adonan. Bisa dengan menggunakan spatula buat ngaduk nya. Sebaiknya gunakanlah spatula berbahan silikon yang anti lengket. Berikut kesalahan² yang bisa membuat nastar retak. 1. Kue sudah diolesi kuning telur ketika dioven. 2. Apabila adonannya terlalu lembek (perbandingan antara tepung & mentega tidak pas ) bisa mengakibatkan kue melebar ketika di oven dan akhirnya pecah bagian permukaannya. Karena itulah perbandingannya harus tepat. 3. Selai nanas, apel atau yang lainnya kalau teksturnya terlalu lembek, justru gak bagus. Karena isi yang terlalu