Skip to main content

Resep Dari Labu Kuning Panggang Yang Simpel

Cara membuat kue labu Kuning pada dasarnya sangatlah mudah. ada dua jenisnya, pertama Labu Kuning kukus dan Labu Kuning panggang, dan yang akan diuraikan disini adalah yang panggang. Buah Labu memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi dan baik untuk tubuh. Memang umumnya buah labu banyak ditemukan pada saat ramadhan atau bulan puasa karena lebih sering untuk dijadikan Kolak sebagai hidangan pembuka puasa .

resep kue labu kuning simple hasil olahan rumah dari tepung beras, talam

Resep yang akan kami uraikan secara lengkap berdasarkan Resep aslinya, dengan tata cara pembuatan yang benar dan waktu yang tepat akan menjadikan rasa dan aromanya seperti asli. Kue tersebut termasuk dalam kategori kue kering, selain dapat disantap langsung ternyata juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha dengan modal kecil hasil menguntungkan .

Bahan :

Baking powder ½ sendok makan
Tepung maizena 20 gram
Tepung terigu protein sedang 200 gram
putih telur 4 butir
Kuning telur 6 butir
Gula halus 175 gram
Garam ½ sendok teh
Margarin 225 gram
Susu cair 50 ml
Labu kuning 150 gram, kukus
Keju cheddar 50 gram, parut

Siapkanlah blender, masukan Labu Kuning yang telah dikukus dan susu cair, blender hingga halus lalu sisihkan terlebih dahulu. Siapkan mangkuk, kocoklah Gula halus, garam, dan margarin hingga halus. Masukan kedalam adonan Labu Kuning, kocok kembali hingga merata .

Masih dalam proses pengadukan, lebih baik menggunakan mixer. Masukkanlah juga telur satu persatu hingga habis, selanjutnya masukan tepung terigu secara perlahan sambil dikocok rata.

Selanjutnya masukan juga tepung maizena dan baking powder sambil dikocok agar semua bahan tercampur sempurna .

Siapkanlah cetakan kue atau loyang, tuangkan semua adonan dan ratakan. Taburkan keju yang sudah diparut pada atasnya . Masukan kedalam oven pada suhu 180° kurang lebihnya 30 menit atau hingga benar-benar matang (berwarna kuning kecoklatan) . Sajikan Kue Labu Keju, potong-potong dengan ukuran sesuai selera.






Membuat kue kering sebenarnya, nggak susah kok, hanya perlu sedikit telaten saja.

Keahlian dalam memasak kering, bisa punya dwi fungsi, jeng. Selain bisa dinikmati sendiri untuk keluarga, rasanya bisa sesuai selera, uang yang dikeluarkan juga pasti lebih hemat, kan? Itu fungsi yang pertama. Fungsi lainnya, bisa juga dijadikan alternatif wirausaha.

Bagi jeng jeng yang ingin tambahan uang saku menjelang Hari Raya Lebaran / Idul Fitri sekalipun, menawarkan jasa menjual kering bisa jadi pekerjaan yang menghasilkan. Tidak perlu repot meninggalkan rumah, dan bagi yang gemar ngemil, bisa sambil icip icip juga, kan?. Hehehe.

Yang perlu dipelajari pertama adalah bahan dasar kue kering. Percaya deh, jeng, bahannya itu itu saja kok. Bagi jeng yang sudah master dalam Cara buatnya pasti sudah hafal diluar kepala ya..

Bahan Utama :
⇒ Tepung, tentunya jadi bahan pokok untuk pembuatan kue kering. Selain tepung, kita juga bisa bikin kue kering dari bahan sagu, gandum atau bahkan gaplek.
⇒ Gula, jadi bahan kedua yang pokok dalam membuat kue kering. Meskipun ada juga kue kering yang tidak melibatkan gula, seperti kastengel misalnya.
⇒ Telur, yang berfungsi untuk membuat adonan mengembang.
⇒ Margarin atau mentega. Minyak goreng juga bisa dipakai sebagai bahan kue kering lho, jeng.

Empat bahan di atas adalah bahan dasar sebagai membuat kuker. Selain itu, hanya perlu perasa tambahan seperti keju, coklat, kacang, moka dan lain lainnya.

Empat bahan di atas adalah bahan dasar sebagai Cara Membuat Kue Kering. Selain itu, hanya perlu perasa tambahan seperti keju, coklat, kacang, moka dan lain lainnya.

Ada beberapa cara dalam membikin kue kering :

1. Ada yang mencampurkan margarin dan telur lebih dahulu. Dua bahan ini dikocok sampai lembut.
2. Ada juga yang mengocok telur dan margarin secara terpisah, baru kemudian dicampur.
3. Atau yang mencampur semua bahan sekaligus.Tapi yang paling sering digunakan adalah cara yang pertama.

PEMBENTUKAN
Bagi jeng yang masih pemula, cara membentuk kue kering yang paling mudah adalah yang adonannya dibentuk dengan menyendok. Ada juga yang digiling, dibentuk dengan tangan, atau yang disimpan dulu dalam kulkas, baru kemudian dipotong potong.

TIPS SUPAYA HASIL KUE BAGUS
⇒ Takaran harus sesuai resep.
⇒ Jangan terlalu lama mengocok margarin. Cukup satu menit saja. Apabila margarin dicampur gula, boleh dikocok sampai 2 menit.
⇒ Jika bahan yang digunakan selain tepung terigu, sebaiknya digoreng tanpa minyak, supaya terasa renyah.
⇒ Jika adonan terlalu lembek, diamkan saja sebentar. Jangan ditambah tepung lagi, karena takarannya akan tidak sesuai resep dan rasanya pasti beda kan, jeng.
 

Related Posts

                                                   

Comments

Popular Posts

Perbedaan Fungsi Emplex Baking Powder dan Soda Kue

Emplex emulsifier atau sodium stearoyl lactylate adalah bahan yang membuat renyah kue kering. Untuk harganya gak mahal. Bahan kimia ini merupakan campuran Lactic Acid & Stearic Acid. Emplex itu elemen partikelnya terdiri dari plastik. Bisa untuk pengawet makanan atau kue yaitu dengan menahan kelembaban udara & melawan pertumbuhan jamur. Digunakan di negara Asia, terutama China sebagai pengawet makanan. Ini merupakan penemuan agak baru untuk pengawet makanan. hebat ya? Di negara barat khususnya United States, emplex hanya digunakan di industri Pharmaceutical " bag sealer " untuk keperluan packing, agar produksi obat-obatan dapat dikirim secara aman dan juga terhindar dari bahaya kelembaban cuaca & terjaga kekeringannya. Bukan buat bahan pengawet makanan. Sehingga kue kering maupun basah dapat bertahan bertahun-tahun dikarenakan ada zat kimia “ plastik” ini . Nah kan jadi makan plastik kita. Alternatif lain sebagai pengganti emplex ya bisa menggunaka

Resep Kue Semprong Renyah

Kue semprong merupakan salah satu kue yang super enak dan super renyah, dengan citra rasa yang memiliki sebuah karakteristik yang sangat khas dan sangat unik. Kue semprong ini atau yang lebih dikenal dengan sebutan kue gambir, atau bahkan disebut juga sebagai kue sapit ini memiliki bentuk seperti kue gulung atau ada juga yang dilipat menjadi empat bagian, bahkan kue ini juga ada yang di bentuk seperti kipas. Namun terlepas dari bentuknya yang memiliki cukup banyak variannya, kue semprong ini juga masih tergolong sebagai kue kering yang kerap kali hadir dalam sajian di hari lebaran. Sebab kue semprong ini juga sangat enak jika disajikan sebagai camilan yang dikarenakan rasanya yang manis dan gurih. Bagaimana, apakah Anda tertarik dengan kue semprong tersebut? Berikut adalah resep kue semprong super enak dan renyah yang bisa Anda tiru. Dalam membuat sebuah kue semprong yang mantap rasanya, Anda harus mempersiapkan beberapa bahan penggunanya seperti : ✓ 125 gram dari tepun

Apa Penyebab Nastar Keras Retak dan Berjamur

Saat-saat krusial dalam pembuatan kue kering yaitu sewaktu mengaduk adonan. Karena saking semangatnya memasak, kita sampai suka mengaduk adonannya terlalu lama. Nah, inilah faktor yang sering membuat kue nastar jadi keras, sebab tanpa kamu sadari, suhu tangan bisa melelehkan mentega yang ada di dalam adonan. Maka dari itu sebaiknya aduklah adonan nastar secukupnya saja sampe kalis. Mulai sekarang minimalisir sentuhan tangan dengan adonan. Bisa dengan menggunakan spatula buat ngaduk nya. Sebaiknya gunakanlah spatula berbahan silikon yang anti lengket. Berikut kesalahan² yang bisa membuat nastar retak. 1. Kue sudah diolesi kuning telur ketika dioven. 2. Apabila adonannya terlalu lembek (perbandingan antara tepung & mentega tidak pas ) bisa mengakibatkan kue melebar ketika di oven dan akhirnya pecah bagian permukaannya. Karena itulah perbandingannya harus tepat. 3. Selai nanas, apel atau yang lainnya kalau teksturnya terlalu lembek, justru gak bagus. Karena isi yang terlalu