Skip to main content

Resep Roti Gulung Oven Sederhana

Bagi ibu rumah tangga yang punya banyak kegiatan, memasak sendiri kue atau roti untuk anak dan keluarga sering kali menjadi sebuah tantangan tersendiri. Resep roti gulung oven memang menjadi salah satu sajian kudapan yang spesial bagi siapa saja. Roti lembut yang satu ini memang cukup popular dengan bentuk yang unik tentunya. Untuk kamu yang suka dengan aroma roti tentu akan tertarik untuk mencoba kue sederhana ini.

resep roti gulung kayumanis lembut panggang sederhana


Roti oven gulung kayu manis ( cinnamon rolls ) ini banyak di jual di berbagai toko dengan harga ekonomis yang tentu menarik banyak pelanggan. Makanan ringan yang dibuat dengan bertabur kismis dan berglasur. Perpaduan antara kayu manis dengan aroma roti yang dipanggang memang pas banget untuk teman camilan. Nah jika kamu menyukai sajian roti mini ini tentunya kamu jangan sampai ketinggalan akan resepnya dan cara bikinnya.

Bahan:

500 gram tepung terigu protein tinggi
½ sendok makan ragi instan
25 gram gula pasir
20 gram susu bubuk
1 butir telur
250 ml air es
80 gram margarin
1 sendok teh garam
1 butir telur, kocok lepas

Bahan Taburan:

2 sendok makan margarin, dilelehkan
50 gram gula palem
1 sendok teh kayumanis bubuk
100 gram kismis, diseduh


Bahan Glasur:

1 putih telur
100 gram gula tepung
2 sendok teh air jeruk nipis
1/2 sendok teh parutan kulit jeruk nipis

Cara Membuat

1.  Tahap awalan campur tepung terigu, ragi instannya,lalu gula pasir, dan susu bubuk sampai  rata.
2. Kemudian tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. dan masukkan margarin dan garam. Lalu uleni sampai elastis. Dan diamkan 30 menit.
3. Lalu giling tipis adonan. Dan oleskan margarin. Lalu tabur campuran  gula palem, lalu kayumanis, dan kismis. Dan gulung.
Potong-potong. (gulungannya ukurannya agak besar diameternya kira kira 5 cm)
4. Lalu letakkan di atas loyang yang dioles margarin. Diamkan 60 menit sampai mengembang. Panggang dalam oven dengan api bawah suhu 190 derajat Celsius 12 menit hingga matang.
5. Nah glasur, kocok rata bahan glasur. Dan masukkan ke dalam plastik segitiga. Coret-coret rotinya.
 

Related Posts

                                                   

Comments

Popular Posts

Perbedaan Fungsi Emplex Baking Powder dan Soda Kue

Emplex emulsifier atau sodium stearoyl lactylate adalah bahan yang membuat renyah kue kering. Untuk harganya gak mahal. Bahan kimia ini merupakan campuran Lactic Acid & Stearic Acid. Emplex itu elemen partikelnya terdiri dari plastik. Bisa untuk pengawet makanan atau kue yaitu dengan menahan kelembaban udara & melawan pertumbuhan jamur. Digunakan di negara Asia, terutama China sebagai pengawet makanan. Ini merupakan penemuan agak baru untuk pengawet makanan. hebat ya? Di negara barat khususnya United States, emplex hanya digunakan di industri Pharmaceutical " bag sealer " untuk keperluan packing, agar produksi obat-obatan dapat dikirim secara aman dan juga terhindar dari bahaya kelembaban cuaca & terjaga kekeringannya. Bukan buat bahan pengawet makanan. Sehingga kue kering maupun basah dapat bertahan bertahun-tahun dikarenakan ada zat kimia “ plastik” ini . Nah kan jadi makan plastik kita. Alternatif lain sebagai pengganti emplex ya bisa menggunaka

Resep Kue Semprong Renyah

Kue semprong merupakan salah satu kue yang super enak dan super renyah, dengan citra rasa yang memiliki sebuah karakteristik yang sangat khas dan sangat unik. Kue semprong ini atau yang lebih dikenal dengan sebutan kue gambir, atau bahkan disebut juga sebagai kue sapit ini memiliki bentuk seperti kue gulung atau ada juga yang dilipat menjadi empat bagian, bahkan kue ini juga ada yang di bentuk seperti kipas. Namun terlepas dari bentuknya yang memiliki cukup banyak variannya, kue semprong ini juga masih tergolong sebagai kue kering yang kerap kali hadir dalam sajian di hari lebaran. Sebab kue semprong ini juga sangat enak jika disajikan sebagai camilan yang dikarenakan rasanya yang manis dan gurih. Bagaimana, apakah Anda tertarik dengan kue semprong tersebut? Berikut adalah resep kue semprong super enak dan renyah yang bisa Anda tiru. Dalam membuat sebuah kue semprong yang mantap rasanya, Anda harus mempersiapkan beberapa bahan penggunanya seperti : ✓ 125 gram dari tepun

Apa Penyebab Nastar Keras Retak dan Berjamur

Saat-saat krusial dalam pembuatan kue kering yaitu sewaktu mengaduk adonan. Karena saking semangatnya memasak, kita sampai suka mengaduk adonannya terlalu lama. Nah, inilah faktor yang sering membuat kue nastar jadi keras, sebab tanpa kamu sadari, suhu tangan bisa melelehkan mentega yang ada di dalam adonan. Maka dari itu sebaiknya aduklah adonan nastar secukupnya saja sampe kalis. Mulai sekarang minimalisir sentuhan tangan dengan adonan. Bisa dengan menggunakan spatula buat ngaduk nya. Sebaiknya gunakanlah spatula berbahan silikon yang anti lengket. Berikut kesalahan² yang bisa membuat nastar retak. 1. Kue sudah diolesi kuning telur ketika dioven. 2. Apabila adonannya terlalu lembek (perbandingan antara tepung & mentega tidak pas ) bisa mengakibatkan kue melebar ketika di oven dan akhirnya pecah bagian permukaannya. Karena itulah perbandingannya harus tepat. 3. Selai nanas, apel atau yang lainnya kalau teksturnya terlalu lembek, justru gak bagus. Karena isi yang terlalu