Skip to main content

Resep Kue Kering Sederhana Tanpa Oven

Ngomong-omong cemilan apa sih yang wajib tersedia setiap saat di rumah, jawabannya adalah kue kering. Dengan satu wadah penuh kue di rumah tentu membuat kita gak merasa khawatir lagi jika kedatangan tamu atau sebagai camilan dikala waktu senggang.

resep kue kering sederhana tanpa oven cookpad blueband telur untuk lebaran yang mudah membuat coklat aneka praktis mixer manis modern


Kue kering adalah salah satu makanan ringan paling populer buat suguhan tamu di hari raya. Dan enak juga disantap dikala bersantai dengan secangkir teh. Sebagian ada kue yang harganya cukup mahal, maka dari itu sebagian.ibu rumah tangga memutuskan membuat sendiri dirumah.

Membuat kue kering nastar, kukis, kastengel, atau biskuit  gak terlalu sulit kok. Masalahnya itu karena tidak semua orang punya oven di dalam dapur rumahnya. Tetapi, ada kok jenis kue kering yang bisa dimasak tanpa oven. Menggunakan panci penggorengan  sangat bisa sebenarnya. Cukup ditambahkan sarangan agar nanti gak gosong, ditambahkan ini karena kan bersentuhan langsung dengan permukaan wajan. Penutup panci bisa membantu supaya panas dari kompor bisa tertahan didalam. Sehingga nanti adonan kue bisa kering sempurna.

Berikut tips membuat kue kering sederhana tanpa oven, bisa dipraktekkan di dapur.

Bahan-bahan :

300 gram tepung terigu serbaguna
½ sendok teh baking soda
500 gram gula halus
400 gram margarin
100 gram mentega
2 butir telur ayam kampung
4 sendok teh ekstrak vanilli
2 chocochips secukupnya
Untuk olesan:
2 sendok makan margarine

Baca: kue bawang kentang
Cara membuat:

1. Ayaklah tepung terigu hingga halus, kemudian campurkanlah dengan baking soda.
2. Masukkanlah gula halus, mentega, & ekstraks vanili kedalam baskom atau mangkuk ukuran besar. Kocoklah dengan mixer atau pakai kawat pengocok hingga lembut, mengembang, & berwarna pucat.
3. Masukkan telur, lantas kocok kembali sampai tercampur rata.
4. Masukkan lah terigu sedikit-sedikit. Sehabis adonan tercampur sempurna, masukkanlah choco chip. Aduk lah seperlunya saja pakai spatula, kemudian diamkanlah selama 15 menit.
5. Bagilah adonan jadi bola-bola seukuran sendok makan. Nggak usah terlalu rapi supaya kukis masih bertekstur saat matang nanti.
6. Panaskanlah wajan diatas kompor. Lalu letakkan sarangan atau tatakan panci, bagian dasarnya berada di atas. Letakkanlah tutup panci diatasnya & tunggulah sampai tatakan panci tadi panas sempurna.
7. Kalau tatakan panci sudah panas, olesi lah tatakan dengan margarine, kemudian letakkanlah bola² kukis di atasnya.  Meletakkan adonan jangan terlalu rapat, berikan ruang/jarak yang cukup agar nanti mengembang dengan baik.
8. Pipihkanlah satu persatu adonan , lalu tutupi pakai penutup panci. Masaklah sampai kukis matang & kering menggunakan nyala api sedang. Kalau perlu, balikan kukis dengan menggunakan spatula agar matangnya sempurna.
9. Jika kukis nampak matang, angkat & biarkan dingin sendirinya.
 

Related Posts

                                                   

Comments

Popular Posts

Perbedaan Fungsi Emplex Baking Powder dan Soda Kue

Emplex emulsifier atau sodium stearoyl lactylate adalah bahan yang membuat renyah kue kering. Untuk harganya gak mahal. Bahan kimia ini merupakan campuran Lactic Acid & Stearic Acid. Emplex itu elemen partikelnya terdiri dari plastik. Bisa untuk pengawet makanan atau kue yaitu dengan menahan kelembaban udara & melawan pertumbuhan jamur. Digunakan di negara Asia, terutama China sebagai pengawet makanan. Ini merupakan penemuan agak baru untuk pengawet makanan. hebat ya? Di negara barat khususnya United States, emplex hanya digunakan di industri Pharmaceutical " bag sealer " untuk keperluan packing, agar produksi obat-obatan dapat dikirim secara aman dan juga terhindar dari bahaya kelembaban cuaca & terjaga kekeringannya. Bukan buat bahan pengawet makanan. Sehingga kue kering maupun basah dapat bertahan bertahun-tahun dikarenakan ada zat kimia “ plastik” ini . Nah kan jadi makan plastik kita. Alternatif lain sebagai pengganti emplex ya bisa menggunaka

Resep Kue Semprong Renyah

Kue semprong merupakan salah satu kue yang super enak dan super renyah, dengan citra rasa yang memiliki sebuah karakteristik yang sangat khas dan sangat unik. Kue semprong ini atau yang lebih dikenal dengan sebutan kue gambir, atau bahkan disebut juga sebagai kue sapit ini memiliki bentuk seperti kue gulung atau ada juga yang dilipat menjadi empat bagian, bahkan kue ini juga ada yang di bentuk seperti kipas. Namun terlepas dari bentuknya yang memiliki cukup banyak variannya, kue semprong ini juga masih tergolong sebagai kue kering yang kerap kali hadir dalam sajian di hari lebaran. Sebab kue semprong ini juga sangat enak jika disajikan sebagai camilan yang dikarenakan rasanya yang manis dan gurih. Bagaimana, apakah Anda tertarik dengan kue semprong tersebut? Berikut adalah resep kue semprong super enak dan renyah yang bisa Anda tiru. Dalam membuat sebuah kue semprong yang mantap rasanya, Anda harus mempersiapkan beberapa bahan penggunanya seperti : ✓ 125 gram dari tepun

Resep Enak Keripik Wortel Tanpa Dijemur

Bagi masyarakat indonesia keripik merupakan makanan ringan atau cemilan yang sudah pasti tidak asing lagi di telinga. Aneka ragam kripik mulai dari bahan singkong & tempe sudah sangat akrab/familiar di lidah masyarakat Indonesia. Nah, kini inovasi keripik sudah mulai dikembangkan. Nggak monoton dengan menggunakan bahan baku bayam, singkong maupun tempe, namun juga keripik dari sayur dan juga buah-buahan. Dan, di daerah panas tropis seperti negara indonesia ini, banyak ditemukan jenis buah-buahan & sayuran yang bisa digunakan untuk membuat keripik. Inovasi kuliner ini sekaligus membuka pasar atau peluang usaha keripik buah beraneka rasa & bergizi renyah serta lezat. Kripik wortel ini pas banget dijadikan cemilan selain enak, makanan ini sehat. Bentuknya mirip dengan kentang goreng. Untuk membuatnya tidaklah sulit, di sini Anda hanya harus menyiapkan beberapa bahan yang diantaranya adalah wortel, minyak zaitun, bubuk kari, garam dan lada serta minyak goreng untuk