Skip to main content

Tips Agar Kue Kering Tidak Melebar Saat Dipanggang

Pernahkah Anda kesal ketika kue yang sudah dicetak dengan indah pecah dan mengembang atau melebar saat dipanggang?  Sedih sekali, tentu saja.  Agar cookies tidak mengembang saat dipanggang dan berbentuk indah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.


Mulai dari proses pencampuran dan masalah takaran, kita perlu memperhatikannya.  Entah anda membuat kue putri salju atau kue nastar, ada beberapa hal dasar yang perlu kita ketahui agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.  Untuk detailnya, lihat di sini.


Salah satu penyebab kue melebar saat dipanggang adalah karena campuran margarin dan gula yang cukup lama.  Untuk itu, dalam proses mengocok margarin dan gula pasir sebaiknya cukup sampai lembut dan tercampur rata.  Tidak perlu terlalu lama dikocok.  Selain mungkin untuk pembuatan kue lidah kucing, proses pembuatan margarin dan gula pasir membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil akhir yang bagus dan rata.


Jika ada soda kue ataupun baking soda pada resep yang kita pakai, gunakan sesuai jumlahnya.  Karena jika berlebihan bisa menyebabkan kue mengembang saat dipanggang.  Atau Anda bisa menggunakan baking powder.  Umumnya, Anda hanya membutuhkan 1/2 sendok teh soda kue itu untuk maksimal 600 gram tepung.


Aduk dan uleni adonan hingga tercampur rata dan tidak lengket.  Tidak perlu terlalu kalis.  Aduk adonan satu arah dengan spatula agar lebih cepat tercampur.


Jika selama ini kita sudah mencoba jumlah yang pas, namun hasil kuenya masih melebar, kita bisa mencoba menggunakan margarin atau mentega yang disimpan di lemari es hingga beku.  Konsistensi mentega atau margarin yang keras bisa membuat adonan cake lebih stabil.


Telur bisa membuat kue meleber.  Di satu sisi, telur bisa membuat kue jadi terasa lebih lembut, namun kalau kebanyakan justru membuat adonan malah lebih lebar saat dipanggang.  Jika sudah mencoba jumlah yang sesuai tetapi kuenya masih empuk, alternatifnya bisa dengan menggunakan telur yang lebih kecil.

 

Related Posts

                                                   

Comments

Popular Posts

Perbedaan Fungsi Emplex Baking Powder dan Soda Kue

Emplex emulsifier atau sodium stearoyl lactylate adalah bahan yang membuat renyah kue kering. Untuk harganya gak mahal. Bahan kimia ini merupakan campuran Lactic Acid & Stearic Acid. Emplex itu elemen partikelnya terdiri dari plastik. Bisa untuk pengawet makanan atau kue yaitu dengan menahan kelembaban udara & melawan pertumbuhan jamur. Digunakan di negara Asia, terutama China sebagai pengawet makanan. Ini merupakan penemuan agak baru untuk pengawet makanan. hebat ya? Di negara barat khususnya United States, emplex hanya digunakan di industri Pharmaceutical " bag sealer " untuk keperluan packing, agar produksi obat-obatan dapat dikirim secara aman dan juga terhindar dari bahaya kelembaban cuaca & terjaga kekeringannya. Bukan buat bahan pengawet makanan. Sehingga kue kering maupun basah dapat bertahan bertahun-tahun dikarenakan ada zat kimia “ plastik” ini . Nah kan jadi makan plastik kita. Alternatif lain sebagai pengganti emplex ya bisa menggunaka

Resep Kue Semprong Renyah

Kue semprong merupakan salah satu kue yang super enak dan super renyah, dengan citra rasa yang memiliki sebuah karakteristik yang sangat khas dan sangat unik. Kue semprong ini atau yang lebih dikenal dengan sebutan kue gambir, atau bahkan disebut juga sebagai kue sapit ini memiliki bentuk seperti kue gulung atau ada juga yang dilipat menjadi empat bagian, bahkan kue ini juga ada yang di bentuk seperti kipas. Namun terlepas dari bentuknya yang memiliki cukup banyak variannya, kue semprong ini juga masih tergolong sebagai kue kering yang kerap kali hadir dalam sajian di hari lebaran. Sebab kue semprong ini juga sangat enak jika disajikan sebagai camilan yang dikarenakan rasanya yang manis dan gurih. Bagaimana, apakah Anda tertarik dengan kue semprong tersebut? Berikut adalah resep kue semprong super enak dan renyah yang bisa Anda tiru. Dalam membuat sebuah kue semprong yang mantap rasanya, Anda harus mempersiapkan beberapa bahan penggunanya seperti : ✓ 125 gram dari tepun

Apa Penyebab Nastar Keras Retak dan Berjamur

Saat-saat krusial dalam pembuatan kue kering yaitu sewaktu mengaduk adonan. Karena saking semangatnya memasak, kita sampai suka mengaduk adonannya terlalu lama. Nah, inilah faktor yang sering membuat kue nastar jadi keras, sebab tanpa kamu sadari, suhu tangan bisa melelehkan mentega yang ada di dalam adonan. Maka dari itu sebaiknya aduklah adonan nastar secukupnya saja sampe kalis. Mulai sekarang minimalisir sentuhan tangan dengan adonan. Bisa dengan menggunakan spatula buat ngaduk nya. Sebaiknya gunakanlah spatula berbahan silikon yang anti lengket. Berikut kesalahan² yang bisa membuat nastar retak. 1. Kue sudah diolesi kuning telur ketika dioven. 2. Apabila adonannya terlalu lembek (perbandingan antara tepung & mentega tidak pas ) bisa mengakibatkan kue melebar ketika di oven dan akhirnya pecah bagian permukaannya. Karena itulah perbandingannya harus tepat. 3. Selai nanas, apel atau yang lainnya kalau teksturnya terlalu lembek, justru gak bagus. Karena isi yang terlalu