Skip to main content

Cara Membuat Kopi Yang Enak Di Rumah

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling digemari di dunia yang memiliki beragam cita rasa serta varietas sesuai dengan jenis, lokasi dan cara pengolahannya. Selain memiliki efek menyegarkan, kopi juga memiliki segudang manfaat yang mungkin belum banyak diketahui orang, beberapa diantaranya seperti mencegah diabetes, stroke, penyakit jantung, mengurangi sakit kepala, membangkitkan stamina dan mood kamu dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang terkandung di dalam segelas kopi.

cara bikin kopi hitam arabica robusta tubruk v60 latee enak dan benar


Bagi kamu para penikmat kopi hitam, mungkin kadang kamu pernah bingung mengapa untuk membuat secangkir kopi yang enak saja begitu sulit sehingga rasanya tak sesuai dengan yang diharapkan. Memang ada sejumlah trik khusus yang sebenarnya bisa kamu lakukan untuk membuat kopi terasa begitu enak saat diminum. Bagi kamu para penikmat kopi dan ingin membuat kopi yang enak ala cafe, berikut adalah beberapa tips atau cara membuat kopi yang enak.

Kualitas kopi menentukan hasil
Tentu saja untuk membuat kopi yang enak, faktor pertama yang perlu kamu perhatikan adalah kualitas dari bubuk kopi itu sendiri. Semakin baik kualitasnya, tentu akan semakin enak rasa kopi yang dihasilkan.

Komposisi kopi dan gula
Bagi kamu penikmat kopi ekspresso (pahit) mungkin pengetahuan akan komposisi gula dan kopi tidak terlalu dibutuhkan. Akan tetapi bagi kamu yang kerap menambahkan gula, maka yang perlu diperhatikan adalah takaran gula dan kopi yang pas. Untuk secangkir kopi yang menggunakan 200 mililiter air, takaran yang pas biasanya 1 sampai 1 1/2 sendok makan gula + 1 sendok makan kopi.

Gunakan cangkir dari keramik atau kaca
Untuk mendapatkan kopi dengan kualitas rasa yang prima, maka faktor penting yang kamu harus perhatikan adalah bahan cangkir yang digunakan untuk menyeduhnya. Hindari cangkir atau mug yang berbahan dasar plastik atau melamin karena cenderung akan mempengaruhi rasa dan aroma saat digunakan sebagai wadah untuk menyeduh kopi. Gunakanlah cangkir atau mug yang berbahan dasar kaca atau keramik.

Kualitas air yang digunakan
Gunakanlah air yang steril seperti air mineral. Jika kamu menggunakan air keran sebaiknya disaring atau diendapkan beberapa saat dahulu agar kotoran halusnya (kaporit) mengendap dibawah permukaan air. Saat kotoran telah mengendap, barulah kemudian air direbus hingga mendidih.

Cara menuangkan air
Supaya kopi tidak mengambang diatas, pastikan air yang digunakan benar-benar air yang mendidih (100 derajat celcius) bukan air yang belum mendidih secara sempurna. Tuangkan air yang baru saja mendidih dengan perlahan kedalam gelas berisi kopi dan gula lalu diamkan selama kira-kira 10 detik, setelah itu baru diaduk. Pastikan mengaduk searah saja (searah jarum jam atau berlawanan dengan jarum jam), bukan di bolak-balik.

Jangan menyimpan kopi di dalam kulkas
Tutup rapat toples tempat menyimpan kopi hingga kedap udara agar aromanya tidak hilang dan sebaiknya simpan kopi ditempat yang sejuk dan terhindar dari cahaya matahari secara langsung. Menyimpan kopi didalam kulkas ataupun ruang pendingin sangat tidak dianjurkan.

Taburi garam
Jika kamu menghendaki rasa pahit pada kopi hilang, kamu bisa menaburkan sedikit garam kedalam cangkir kopi. Kopi akan terasa lebih nikmat jika dihidangkan pada saat panas atau hangat saat aromanya keluar.

Baca: Resep Wedang Ronde

Kopi giling atau kopi instan
Sedikit tips bagi kamu yang biasa membeli kopi giling. Pastikan pada saat kopi tersebut di sangrai, beri sedikit saja mentega untuk mendapatkan hasil kopi yang lebih gurih. Sedangkan bagi kamu yang lebih senang menggunakan kopi instan, ada baiknya kamu memeriksa terlebih dahulu kemasannya untuk memastikan jika kopi tersebut memang masih benar-benar masih terbungkus dengan sempurna.
 

Related Posts

                                                   

Comments

Popular Posts

Perbedaan Fungsi Emplex Baking Powder dan Soda Kue

Emplex emulsifier atau sodium stearoyl lactylate adalah bahan yang membuat renyah kue kering. Untuk harganya gak mahal. Bahan kimia ini merupakan campuran Lactic Acid & Stearic Acid. Emplex itu elemen partikelnya terdiri dari plastik. Bisa untuk pengawet makanan atau kue yaitu dengan menahan kelembaban udara & melawan pertumbuhan jamur. Digunakan di negara Asia, terutama China sebagai pengawet makanan. Ini merupakan penemuan agak baru untuk pengawet makanan. hebat ya? Di negara barat khususnya United States, emplex hanya digunakan di industri Pharmaceutical " bag sealer " untuk keperluan packing, agar produksi obat-obatan dapat dikirim secara aman dan juga terhindar dari bahaya kelembaban cuaca & terjaga kekeringannya. Bukan buat bahan pengawet makanan. Sehingga kue kering maupun basah dapat bertahan bertahun-tahun dikarenakan ada zat kimia “ plastik” ini . Nah kan jadi makan plastik kita. Alternatif lain sebagai pengganti emplex ya bisa menggunaka

Resep Kue Semprong Renyah

Kue semprong merupakan salah satu kue yang super enak dan super renyah, dengan citra rasa yang memiliki sebuah karakteristik yang sangat khas dan sangat unik. Kue semprong ini atau yang lebih dikenal dengan sebutan kue gambir, atau bahkan disebut juga sebagai kue sapit ini memiliki bentuk seperti kue gulung atau ada juga yang dilipat menjadi empat bagian, bahkan kue ini juga ada yang di bentuk seperti kipas. Namun terlepas dari bentuknya yang memiliki cukup banyak variannya, kue semprong ini juga masih tergolong sebagai kue kering yang kerap kali hadir dalam sajian di hari lebaran. Sebab kue semprong ini juga sangat enak jika disajikan sebagai camilan yang dikarenakan rasanya yang manis dan gurih. Bagaimana, apakah Anda tertarik dengan kue semprong tersebut? Berikut adalah resep kue semprong super enak dan renyah yang bisa Anda tiru. Dalam membuat sebuah kue semprong yang mantap rasanya, Anda harus mempersiapkan beberapa bahan penggunanya seperti : ✓ 125 gram dari tepun

Apa Penyebab Nastar Keras Retak dan Berjamur

Saat-saat krusial dalam pembuatan kue kering yaitu sewaktu mengaduk adonan. Karena saking semangatnya memasak, kita sampai suka mengaduk adonannya terlalu lama. Nah, inilah faktor yang sering membuat kue nastar jadi keras, sebab tanpa kamu sadari, suhu tangan bisa melelehkan mentega yang ada di dalam adonan. Maka dari itu sebaiknya aduklah adonan nastar secukupnya saja sampe kalis. Mulai sekarang minimalisir sentuhan tangan dengan adonan. Bisa dengan menggunakan spatula buat ngaduk nya. Sebaiknya gunakanlah spatula berbahan silikon yang anti lengket. Berikut kesalahan² yang bisa membuat nastar retak. 1. Kue sudah diolesi kuning telur ketika dioven. 2. Apabila adonannya terlalu lembek (perbandingan antara tepung & mentega tidak pas ) bisa mengakibatkan kue melebar ketika di oven dan akhirnya pecah bagian permukaannya. Karena itulah perbandingannya harus tepat. 3. Selai nanas, apel atau yang lainnya kalau teksturnya terlalu lembek, justru gak bagus. Karena isi yang terlalu